Cara Menangani Keluhan Pelanggan

Diposting oleh hendik bayu on Sabtu, 07 Juli 2012

Banyak orang menganggap keluhan pelanggan adalah masalah biasa yang tidak perlu dihiraukan. Padahal komplain pelanggan apabila ditangani dengan baik maka akan menjadi aset berharga untuk kemajuan usaha anda. Berikut beberapa tips cara menangani keluhan pelanggan yang bisa anda praktekan :


Hadapi dengan ramah
Datangnya pelanggan yang marah akibat terjadi kekecewaan terhadap produk yang dibelinya, maka jangan sampai terpancing emosi tapi kita harus menghadapinya dengan ramah dan santun. Keramahan anda akan memberikan kesan baik di mata pelanggan.

Memahami apa yang diinginkan pelanggan
Ketika konsumen anda mulai mengadukan keluhan, maka perhatikanlah baik-baik dan tangkap apa sebenarnya yang mereka inginkan. Identifikasi masalah akarnya sehingga dapat dicari solusi pemecahannya.

Selalulah meminta saran
Anda jangan merasa benar tapi posisikan diri anda adalah orang yang sedang belajar dan butuh perbaikan. Saran dari pelanggan akan sangat berarti untuk kemajuan usaha anda. Seperti kata Bill Gates “ Pelanggan anda yang paling tidak puas adalah sumber terbaik anda untuk belajar”.

Mudahkan dan jangan dipersulit
Mungkin anda telah menerapkan sistem untuk menangani keluhan pelanggan, tetapi apabila sistem tersebut terlalu birokratis yang menyebabkan keluhan pelanggan tidak segera tertangani maka anda akan kehilangan aset besar yaitu pelanggan setia anda. Buatlah sistem yang mudah dan pendek, sehingga pelanggan merasa nyaman dalam memberikan keluhan.




Semoga tulisan Cara Menangani Keluhan Pelanggan ini bermanfaat untuk Anda semua.





Apakah Anda juga sedang mencari:mobil madiun , pusat perbelanjaan madiun , toko komputer madiun , toko baju madiun , toko pakaian madiun , tempat rekreasi madiun , lalu lintas madiun , remaja madiun , daging sapi madiun , daging ayam madiun , madiun sukses

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar